Thursday, February 25, 2010

* Mana yang terbaik, PADI atau SSI..?


Sejalan dengan perkembangan olahraga selam di Indonesia dan Bali khususnya yang menjadi gerbang pertama dari aktifitas pariwisata di Indonesia, membuat agensi-agensi dari pelatihan selam dan sertifikasi mempunyai peluang yang besar dalam perkembangannya di Indonesia. Masih segar dalam ingatan saya saat pertama kali menggeluti aktivitas ini, ada beberapa agensi yang telah aktif sebagai badan pelatihan dan sertifikasi di Bali yakni : ADS, CMAS, NAUI, SSI, PADI , dan dari lokal sendiri ada POSSI. Agensi PADI yang masuk belakangan di Bali ternyata menjadi primadona dan dipercaya oleh banyak tamu-tamu asing sebagai agensi sertifikasi selam mereka, dan bahkan sampai saat ini. Dengan perkembangan ini akhirnya beberapa agensi mulai hilang dari peredaran dalam aktifitas selam di Bali.


Dalam 5 tahun terakhir ini, agensi SSI yang dulu sempat timbul tenggelam keberadaannya di Bali, akhirnya menunjukan perkembangan yang berarti setelah kantor regionalnya beraktivitas di Bali. Perkembangan SSI yang mulai tumbuh dengan pesatnya di Indonesia , sebenarnya tidak luput dari perkembangan SSI di dunia. Sekarang ada 2 raksasa badan sertifikasi selam dunia yang saling berkompetisi dalam meningkatkan jumlah para calon pelatihan dan sertifikasi dari masing-masing agensi dalam aktifitas selam di Indonesia.

Tulisan di bawah ini mencoba melihat perbandingan kedua agensi ini dalam pelatihan dan pendidikan selam.

Apa ada perbedaan yang berpengaruh terhadap pendidikan dan pelatihan selam antara keduanya?

PADI dan SSI adalah dua organisasi sertifikasi penyelaman terbesar di dunia. Kualifikasi mereka dikenal dimana saja dan saling berkesinambungan – sebagai contoh kualifikasi SSI adalah bisa digunakan untuk tahap selanjutnya di sistem PADI dan begitu juga sebaliknya.

Agensi manakah dari keduanya yang akan memberikan pendidikan dan pelatihan yang lebih bagus?

Standard keamanan dan pelatihan dari kedua organisasi ini adalah diatur oleh Dewan pelatihan SCUBA rekereasi dunia (WRSTC : World Recreational SCUBA training council ). Artinya tidak ada perbedaan mendasar di dalam ketrampilan yang dipelajari dari PADI maupun SSI ataupun standard keamanan yang ada dari masing-masing organisasi ini.

Apakah ada perbedaan dari masing-masing agensi ini?

Ada beberapa perbedaan dalam mengikuti pelatihan dan beberapa lagi di dalam cara PADI dan SSI dive center atau operator selam dalam pengawasan kepada para instruktur mereka. Secara singkat, instruktur PADI boleh bekerja sambilan sementara SSI mengharuskan instruktur untuk bertanggung jawab kepada satu operator selam. Pada tahap awal dari pelatihan relative ada sedikit perbedaan yang tidak terlalu berpengaruh. Akan tetapi ketika anda menjadi penyelam tingkat lanjut, perbedaan itu akan menjadi lebih jelas.

Jika sampai saat ini keduanya hampir sama , mengapa harga kursus selam menjadi berbeda?

Sistem pelajaran PADI yang berdasarkan prestasi mengharuskan para penyelam memiliki material-material pelajaran mereka , sementara SSI berdasarkan metode mahir melalui latihan yang berulang tidak mengharuskan para penyelam memiliki material mereka. Karena hal inilah pelatihan PADI cenderung menjadi lebih mahal.

Faktor apa yang terpenting dalam membuat pilihan untuk mengikuti kursus selam?

Setiap pelatihan yang bagus adalah lebih tergantung kepada peran instruktur dalam mengajarkannya. Dan seorang instruktur dapat menjadi penolong atau malah menjadi penghambat dari fasilitas yang ditawarkan oleh operator selam.

Menurut saya apapun agensinya tentunya akan berusaha mencetak penyelam-penyelam yang berkualitas, baik dari sisi pengetahuan, ketrampilan dan menjunjung tinggi factor keamanan dalam penyelaman. Mengutip bunyi slogan salah satu minuman botol terkenal, “Apapun agensi selamnya, yang penting, bisa menyelam dengan baik dan benar”

2 comments:

  1. Wah baru tahu nih tentang PADI dan SSI.. asik juga selam menyelam ini ya bos.. kalau saya dulu kebetulan kampungku dialiri oleh sungai Cilutung.. jadi selam menyelam itu dah kerjaan saban hari.. tapi disungai.. hihikk
    btw.. linknya dah saya pasang juga.. makasih ya

    ReplyDelete
  2. kalau boleh tau pak, lalu adakah perbedaan mendasar antara metode atau kurikulum PADI SSI, dan CMAS?

    ReplyDelete