Monday, February 22, 2010

* Melihat Peluang Dengan Cara Yang Berbeda



Saya sempat membaca sebuah artikel dari salah satu blog tentang scuba diving dan tersenyum senyum sendiri. Disana diceritakan ada sebuah kapal yang isinya penuh dengan para penyelam. Diantara mereka ada seorang Instruktur NAUI, seorang Instruktur SSI dan seorang instruktur PADI. Karena suatu hal Kapal tersebut akan tenggelam.

Instruktur selam dari NAUI berkata :
"Kenakan BCD kalian, inflate (isi dengan udara), dan tunggu bantuan datang."

Instruktur selam dari SSI berkata :
"Kenakan peralatan kalian, kita menyelam sambil menunggu bantuan datang."

Instruktur selam dari PADI berkata :
"Cepat tandatangani Lembar kerja, bayar USD 200 dan kalian akan mengikuti pelatihan WRECK Specialty (spesialisasi kapal karam)."

Saya yakin yang menarik disini bahwa dari ketiga agensi tersebut pasti punya gurauan yang sama tentang satu sama lain. Tetapi buat saya apapun agensinya pastinya akan berusaha sebaik-baiknya untuk menciptakan penyelam-penyelam yang berkualitas.
Lepas dari ke3 agensi pada gurauan diatas, ada sesuatu hal yang menarik yakni "Melihat peluang bisnis". Mungkin agak ekstrim melihat peluang di saat kapal akan tenggelam, tetapi itulah kenyataan bahwa dari ide yang ekstrim atau ngeleneh bisa lahir trik-trik pemasaran yang brilliant. Suatu contoh lain :
Ada sebuah supermarket baru di bangun di dekat pusat kota. tetapi setelah beroperasi selama 3 bulan, penjualan tidak menunjukkan angka yang signifikan. Akhirnya pihak direksi mengadakan meeting untuk memecahkan masalah itu. Dalam meeting salah seorang eksekutif muda mengatakan " Para pengunjung hanya lewat dan tidak tertarik untuk mampir, mungkin ada bagusnya kita sebarkan paku didepan toko agar mereka bisa berhenti dan mungkin akan mampir untuk membeli sesuatu." Ide ini gila.., tetapi akhirnya salah seorang direksi bisa mencernanya dengan cara lain...ide bagus, sekarang kita coba cari cara lain agar mereka mau berhenti di depan toko kita. Ide itu akhirnya berkembang ketika supermarket tersebut membuat permohonan ke dewan kota agar dibangun sebuah halte bus di depan supermarket tersebut. Setelahnya, supermarket tersebut bisa meningkatkan penjualannya."

Dari gurauan tentang kapal karam dan ide sebar paku, bisa kita coba mencari trik lain dari pemasaran 'Wreck Specialty'. kalian ada ide..? Kalau ada..., tolong info ya.....!


2 comments:

  1. ..hahhah ....lucu ..PADI terkesan Lebih Matre yach, biaya course yang mahal dll .. ..persaingan bisnis boleh2 aja....tapi...tetep ..."divers are brothers" ...

    ReplyDelete
  2. bisa bisa aja ni lelucon, tp bagus jg. keep bloging....!!! http://www.belajar-diving-bali.com

    ReplyDelete