Monday, March 1, 2010

* P - 9


-->


Dalam aktivitas seorang pemandu selam ketika penyelaman telah selesai, biasanya dia akan membantu customers mereka melepaskan alat selam yang digunakan, mengumpulkannya dalam tas atau tempat penyimpanan dan memastikan tidak ada alat selam yang tercecer atau terlupa dalam packing, sebelum meninggalkan lokasi penyelaman. Saat sebelum balik ke tempat tinggal masin-masing, dive leader atau pemandu selam akan membantu mereka mengisi buku log penyelaman dan sering diisi dengan obrolan tentang penyelaman yang baru dilakukan.

- Dive leader :
“How was your dive today”?

- Customer :
“Oh good, everything perfect, I saw what I want to see, clear visibility, flat water, no current, lot of fish. You are so lucky; you have great job, and beautiful dive site. I will be back next time to this place….”

- Dive leader :
“Thank you, I am happy if you enjoy it”

Percakapan di atas saya yakin sering dialami oleh teman-teman guide dalam melaksanakan tugas memandu client mereka dalam suatu penyelaman. Dan di hati teman-teman juga bersyukur karena hari itu kondisi air sangat bagus dan menunjang suksesnya penyelaman. Tetapi yang harus diingat, ini adalah kondisi alam yang terkadang tidak mampu diprediksikan. Tidak jarang juga kita sering menemui kondisi yang bertolak belakang yang membuat client kita jadi kurang senyum setelah penyelaman. Apalagi kalau promosi dalam mendapatkan customer yang begitu besar membuat beban dalam memandu mereka. “ Hei…! Where is the Manta?, Where is the sunfish? Where is the Shark? And others. Biasanya dive leader atau dive guide yang berpengalaman telah mengantisispasi hal ini dalam Briefing atau penjelasan singkat tentang lokasi dan apa yang harus dilakukan sebelum penyelaman.

Apa yang saya kemukakan ini adalah bagian kecil dari tugas seorang pemandu selam. Tugas mereka tidak hanya menemani client mereka dalam penyelaman, tetapi tugas mereka sebenarnya telah dimulai ketika client telah memesan perjalanan selam di kantor dive center. Tugas mereka dapat dibagi menjadi 3 bagian besar yaitu : 

1. Sebelum Penyelaman:
Memastikan semuanya tersedia dan berjalan dengan baik dari persiapan awal sebelum berangkat ke lokasi selam seperti transportasi, penjemputan, peralatan selam dan peralatan emergency hingga setelah sampai ke lokasi selam seperti pemasangan alat, briefing dan saat akan turun ke air. 

2. Dalam Penyelaman
Mengawasi dan menjaga klient dalam penyelaman, memastikan tidak ada masalah atau bakal masalah yang akan muncul, memberikan dan mencarikan solusi bila masalah muncul, menunjukan hal yang menarik dari lokasi selam dan memastikan semua anggota penyelaman mengikuti perencanaan selam yang dibuat dengan baik dan menyenangkan. 

3.  Setelah Penyelaman
Membantu klient keluar dari air dan memastikan semuanya lengkap, aman dan berjalan baik. Membantu melepaskan peralatan, membantu dalam packing serta memastikan tidak ada yang tertinggal, mengisi buku log penyelaman dan menemani klient kembali ke tempat masing-masing.

Ketiga hal tersebut diatas membutuhkan keseriusan dan kecermatan dalam pelaksanaannya. Karena bila terjadi hal yang tidak diinginkan menyangkut tugas tersebut, biasanya seorang pemandu selam yang akan dipanggil pertama kali untuk memberikan keterangan menyangkut hal itu.

Kalau kita lihat, pekerjaan ini membutuhkan tanggung jawab yang besar. Biasanya yang bertahan dalam pekerjaan ini adalah orang-orang yang benar-benar mencintai dunia selam dan dinamikanya. Mereka berangkat dini hari untuk persiapan dan kembali petang hari atau terkadang tidak pulang untuk pekerjaan ini. Belum resiko pekerjaan yang harus ditanggung sendiri, baik itu nama baik, kesehatan atau nyawa sekalipun. Jadi ucapan ‘you have great job” bisa juga jadi bumbu buat semangat. Tahukah kalian berapa penghasilan mereka? Hahaha untuk orang awam mereka bisa dikatakan golongan P-9.( Pergi Pagi Pulang Petang, Pontang-Panting Penghasilan Pas-Pasan.).

2 comments:

  1. may i comment ? ... " U HAVE A GREAT JOB !!" heheh ... again!

    Realy, im jealous, how could some body have a great job like u ..work in paradise... hehe ... jealous..jealous ..jealous ... ;-)

    it's all because God love U Brow ...

    ReplyDelete
  2. Sama dong, aku P10 malahan ..tapi paling gak dirimu bisa dive gratis heheheh .... :-P

    sekali lagi ah ... " U have a great job" hhehe kayaknya komen yang familir banget buat km ...

    ReplyDelete