Saturday, July 24, 2010

* Selam dan Meditasi

Menurut saya selam sama seperti meditasi, dan ini biasanya dirasakan setelah menjadi penyelam yang berpengalaman. Hal ini dikarenakan seorang penyelam yang berpengalaman akan mendapatkan keseimbangan atau daya apung yang bagus dengan berusaha membuat diri mereka menjadi tenang dan rileks. Semua itu hanya bisa dicapai dengan pengaturan nafas yang baik. Semua itu sama dengan melakukan meditasi, dimana harus mengatur nafas, fokus dan rileks.

"Breathing slowly, deeply and continuously". Hal ini sudah mulai diajarkan pada tahap awal pelatihan selam, cuma biasanya saat praktek di awal agak sulit karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti rasa khawatir, teknik berenang, jumlah pemberat dan sebagainya. Tetapi ketika telah sering melakukan penyelaman, hal tersebut perlahan akan menjadi lebih baik dan akhirnya terbiasa. Seorang penyelam yang baik dan melakukan hal tersebut akan merasa lebih tenang, rileks dan tidak lelah setelah selesai melakukan penyelaman. Bahkan seorang penyelam biasanya akan menjadi lebih sabar dalam kehidupan sehari-harinya, contohnya saya yang sabar tungguin ada perubahan nasib.

Tulisan ini adalah untuk mengajak teman-teman untuk mencoba meditasi gaya baru yakni selam, yang tentunya akan merubah pola hidup anda menjadi lebih tenang dan sabar. Cuman mungkin sedikit pusing kalau jadi ketagihan, masalahnya mahal bo....!


No comments:

Post a Comment